Monday, March 21, 2016

Fungsi dan Tujuan Modul

A.       Fungsi Modul
Penggunaan modul sering dikaitkan dengan aktivitas pembelajaran mandiri (self-instruction).
Beberapa fungsi Modul antara lain :
1.      Menyiasati kelemahan pembelajaran konvensional
            Pembelajaran konvensional lebih banyak menekankan pada aktivitas pendidik (instructor-centered), dimana seorang pendidik berperan sebagai sumber informasi utama, sedangkan aktivitas peserta didik lebih banyak menyimak dan mencatat apa yang disampaikan pendidik. Melalui modul ini peserta didik diharapkan dapat berupaya untuk mencari dan menggali sendiri informasi secara lebih aktif dan mengoptimalkan seluruh kemampuan dan potensi belajar yang dimilikinya. Modul ini diandalkan untuk dapat membantu mengatasi kelemahan sistem pembelajaran konvensional.
2.      Meningkatkan motivasi belajar
     Melalui modul peserta didik diharapkan lebih meningkatkan motivasi belajar karena sistem pembelajarannya dapat disesuaikan dengan kesempatan masing-masing. Penggunaan modul menuntut adanya peningkatan motivasi dalam belajar dan mengkondisikan peserta didik untuk dapat mencerna tuntas isi paparan (materi).
3.    Meningkatkan kreativitas
Pendidik dipacu untuk berkreativitas dalam mempersiapkan pembelajaran individual. Melalui penggunaan modul, pendidik dituntut untuk lebih kreatif didalam mempersiapkan rencana pembelajaran individual. Seorang pendidik harus mampu berpikir secara kreatif untuk menetapkan pengalaman belajar apa yang setepatnya harus diberikan kepada peserta didik.
4. Mewujudkan prinsip maju berkelanjutan
Melalui penggunaan modul, peserta didik yang lebih menguasai materi pada kegiatan belajar (KB) pertama, secara individual dapat melanjutkan pada KB berikutnya. Prinsip maju berkelanjutan ini menjadi acuan yang sangat penting dalam pengembangan modul. Dengan prinsip ini peserta didik yang satu dengan yang lain akan memiliki perbedaan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu mata pelajaran. Pendidik perlu membuat kriteria kelulusan pada setiap KB yang dapat menunjukkan bahwa peserta didik tersebut bisa melanjutkan belajarnya ataukah harus kembali KB sebelumnya.
5.      Meningkatkan konsentrasi belajar
Modul dapat mewujudkan kegiatan belajar dengan konsentrasi yang lebih meningkat. Konsentrasi belajar ini menjadi sangat penting agar peserta didik tidak mengalami kesulitan pada saat harus menyelesaikan tugas-tugas atau latihan yang disarankan dalam modul tersebut.
B.        Tujuan Penulisan Modul
Modul mempunyai banyak arti berkenaan dengan kegiatan belajar mandiri. Orang biasa belajar kapan saja dan dimana saja secara mandiri. Karena konsep belajarnya berciri demikian, maka kegiatan belajar itu sendiri juga tidak terbatas pada masalah tempat, dan bahkan orang yang berdiam diri ditempat yang jauh dari pusat penyelenggara pun bisa mengikuti pola belajar. Terkait dengan hal tersebut, penulisan modul memiliki tujuan sebagai berikut:
1.         Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
2.     Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta belajar maupun guru / instruktur.
3.         Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti untuk meningkatkan motivasi dan gairah belajar, mengembangkan kemampuan dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya yang memungkinkan peserta didik atau pembelajar belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
4.       Memungkinkan peserta didik atau pembelajar dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.
5.     Untuk mengurangi keragaman kecepatan belajar peserta didik melalui kegiatan belajar mandiri.

Dengan memperhatikan tujuan-tujuan diatas, dapat dikatakan bahwa modul sebagai bahan ajar akan sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka. Hal ini tergantung pada proses penulisan modul. Penulis modul yang baik menulis seolah-olah sedang mengajarkan kepada seorang peserta mengenai suatu topik melalui tulisan. Segala sesuatu yang ingin disampaikan oleh penulis saat pembelajaran, dapat dikemukakan dalam modul yang ditulisnya. 

No comments:

Post a Comment