RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas /
Semester : X / 1
Pertemuan
Ke : 3 - 4
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : Memecahkan
masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
Kompetensi
Dasar : Menerapkaan konsep kesalahan pengukuran
Indikator : > Jumlah dan selisih
hasil pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
> Hasil kali pengukuran dihitung untuk menentukan
hasil maksimum dan hasil minimumnya.
I.
Tujuan Pembelajaran
: Setelah selesai proses
pembelajaran, siswa dapat :
Ø
Menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
dari penghitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran
Ø
Menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya
dari penghitungan hasil kali pengukuran
II.
Materi Pembelajaran
a.
Jumlah dan selisih hasil pengukuran
b.
Hasil kali pengukuran
III. Metode
Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pembagian tugas dengan
kerja individual
IV.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
III
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Pemberian motivasi dan penjelasan indicator yang harus
dicapai dalam proses pembelajaran
b.
Siswa dimotivasi dengan pernyataan-pernyataan yang
terkait dengan cara menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya dari
penghitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran
2.
Kegiatan Inti
a. Guru
menyampaikan materi cara menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya dari
penghitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran
ü
Pengukuran
Jika kita peroleh 2 hasil pengukuran, misalnya hasil
pengukuran I dan hasil pengukuran II, maka masing-masing memiliki batas-batas
sendiri. Dari batas-batas yang dimiliki kita bias mengoperasikan sebagai
berikut:
Hasil Pengukuran I (HP I)
Salah Mutlak I (SM I)
Batas Atas Pengukuran I (BA I)
→ HP I + SM I
Batas Bawah Pengukuran I (BB I)
→ HP I - SM I
1.
Penjumlahan Hasil Pengukuran
Dari dua pengukuran bias dioperasikan dengan penjumlahan
akan diperoleh sebagai berikut:
a.
Jumlah maksimum = BA I + BA II
b.
Jumlah Minimum = BB I + BB II
2.
Pengurangan Hasil Pengukuran
Dari dua pengukuran bias dioperasikan dengan pengurangan
akan diperoleh sebagai berikut:
a.
Selisih maksimum = BA I - BA II syarat HP I > HP II
b.
Selisih Minimum = BB I - BB II
b. Siswa
memperhatikan penjelasan dan contoh soal tentang cara Menentukan hasil maksimum
dan hasil minimumnya dari penghitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran
c. Siswa
mengerjakan soal-soal latihan tentang cara Menentukan hasil maksimum dan hasil
minimumnya dari penghitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran
d. Siswa
mengerjakan soal latihan di papan tulis
e. Siswa
bersama guru membahas atu mengoreksi jawaban yang ada pada papan tulis
3.
Kegiatan Penutup
a.
Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
b.
Evaluasi dan tanya jawab terhadap materi yang telah
disampaikan dalam proses pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Pemberian
motivasi dan penjelasan indicator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran
b. Siswa
dimotivasi dengan pernyataan-pernyataan yang terkait dengan materi menentukan
hasil maksimum dan hasil minimumnya dari penghitungan hasil kali pengukuran
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru menyampaikan materi cara menentukan hasil maksimum
dan hasil minimumnya dari penghitungan hasil kali pengukuran
ü Perkalian
Hasil Pengukuran
Dari dua pengukuran bias dioperasikan dengan operasi
perkalian akan diperoleh sebagai berikut:
a. Hasil
kali maksimum = BA I x BA II
b. Hasil
kali minimum = BB I x BB II
b.
Siswa memperhatikan penjelasan dan contoh soal tentang
cara menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya dari penghitungan hasil
kali pengukuran
c.
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang cara
menentukan hasil maksimum dan hasil minimumnya dari penghitungan hasil kali
pengukuran
d.
Siswa mengerjakan soal latihan di papan tulis
e.
Siswa bersama guru membahas atu mengoreksi jawaban yang
ada dalam papan tulis
3.
Kegiatan Penutup
a.
Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan
b.
Evaluasi dan tanya jawab terhadap materi yang telah
disampaikan dalam proses pembelajaran
V.
Sumber Belajar
a.
Modul “MASTER” SMK Kelas Xa Semester Ganjil Penerbit :
CV. AVIVA
b.
Buku Matematika SMK Tingkat 1 Penerbit : ARMICO Bandung
c.
Panduan Belajar MAtematika (PB MAT) SMK Teknologi
Industri Kelas I Semester I Penerbit : TIM MGMD Matematika Eks. Karesidenan
Semarang
VI.
Penilaian
Penilaian
dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan ke 4
1.
Teknik Penilaian
: Tes Tertulis
2.
Bentuk Instrumen
: Tes Uraian
3.
Instrumen Penilaian :
1.
Diketahui hasil kali pengukuran 7 m dan 5,4 m. Tentukan
hasil operasi penjumlahan, pengurangan dan hasil kali dari 2 hasil pengukuran
tersebut!
2.
Sebuah trapezium dengan alas 7 cm dan atap 4 cm.
Carilah batas-batas luas trapezium jika tinggi trapezium 8 cm!
4.
Kunci Jawaban
1.
Diketahui hasil kali pengukuran 7 m dan 5,4 m
Hasil pengukuran I = HP I = 7 m
Salah mutlak I (SM I) = 1/2 x 1 m = 0,5 m
Batas atas pengukuran (BA) I = 7
+ 0,5 = 7,5 m
Batas bawah pengukuran (BB) I =
7 - 0,5 = 6,5 m
Hasil pengukuran I = HP I = 5,4
m
Salah mutlak I (SM I) = 1/2 x 0,1 m = 0,05 m
Batas atas pengukuran (BA) I =
(5,4 + 0,05) m = 5,45m
Batas bawah pengukuran (BB) I =
(5,4 – 0,05) m = 5,35 m
a. Hasil
penjumlahan
1) Jumlah
maksimum = BA I + BA II
= 7,5 m + 5,45
m = 12,95 m
2) Jumlah
minimum = BB I + BB II
= 6,5 m + 5,35 m
= 11,85 m
b. Hasil
pengurangan
1)
Selisih maksimum = BA I – BB II
= 7,5 m –
5,35 m = 2,15 m
2)
Selisih minimum = BB I – BA II
= 6,5 m +
5,35 m = 11,85 m
c. Hasil
perkalian
1) Hasil
kali maksimum = BA I x BA II = 7,5 m x 5,45 m = 40,875 m2
2) Hasil
kali minimum = BB I x BB II = 6,5 m x 5,35 m = 34,775 m2
2.
Diketahui Trapesium
dengan alas 7 cm dan atap 4 cm serta tingginya 8 cm.
Alas = 7 cm → BA I
= 7,5 cm
BB I = 6,5 cm
Tinggi = 8 cm → BA II = 8,5 cm
BB II = 7,5 cm
Atap = 4 cm → BA III = 4,5 cm
BB III = 3,5 cm
Luas maksimum trapezium = 1/2 ( BA I + BA III) x BA II
= 1/2 (7,5 + 4,5) x 8,5 = 1/2 (12) x 8,5 = 51 cm2
Luas minimum trapezium = 1/2 ( BB I + BB III) x BB II
= 1/2 (6,5 + 3,5) x 7,5 = 1/2 (10) x 7,5 = 37,5 cm2
............................ ...................................
No comments:
Post a Comment